KursusMengemudiMajalengka

Misro



Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Terkenal Makanan 
Jika combro adalah oncom di jero, maka sekarang ada yang namanya misro alias akronim dari amis di jero. Arti dari kalimat tersebut adalah manis di dalam, karena di dalam adonan singkong parut akan ada gula merah, sehingga saat selesai diolah nantinya akan terasa manis ketika masuk mulut.

Bentuk dari makanan ini adalah bulat, tapi tidak bulat lonjong seperti combro, hal inilah yang menjadi perbedaan antara keduanya bila dilihat dari segi tampilan. Bila memakan misro, sudah pasti akan terasa manis dan gulanya lumer di mulut, namun tak hanya itu saja, karena adonya singkong parut juga memberi kesan lembut pada panganan ini.

Untuk pembuatan misro, para pedagang tidak perlu susah payah, karena singkong hasil parutan hanya akan dicampur dengan garam saja. Sedangkan untuk pemberian gula merahnya, hanya cukup dengan menghancurkannya sedikit lalu ditaruh pada adonan singkong secara merata, agar manisnya merata pula.

Untuk memasukkan gulanya, adonan singkong harus dibentuk pipih, sehingga saat gula aren ditaburkan, adonan bisa langsung dibentuk membulat dengan mudah. Karena misro adalah makanan tradisional khas Jawa Barat, makanan khas Sunda ini jarang ditemui di kafe, namun pedagang kaki lima di Bandung masih setia menjualnya.