KursusMengemudiMajalengka

  Tapai Ketan



 Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Terkenal Makanan
Olahan dengan nama tapai memiliki karakteristik dibuat dengan teknik difermentasi, demikian pula dengan tapai ketan yang menjadi olahan khas wilayah Kuningan. Pembuatan tapai ketan tersebut, memakai bahan dasar beras ketan, entah tersebut ketan hitam maupun putih, namun banyak sekali memakai yang ketan putih.
SMK TERKEREN MAJALENGKA
Di samping itu, olahan tapai yang diciptakan dari ketan putih sering diwarnai dengan daun katuk supaya mempunyai warna hijau alami. Sedangkan guna bungkusannya sering didapat dari daun jambu sampai daun pisang. Pemilihan daun pisang seringkali lebih sering sebab untuk menyerahkan identitas makanan khas Jawa Barat beserta gambarny ini tergolong ke dalam kekayaan kuliner nusantara.

Sesuai dengan namanya, tapai ketan diciptakan dengan proses fermentasi dari ragi, yakni sesudah ketan berlalu dikukus, nantinya bakal dimasukkan ke daun dengan ekstra ragi. Setelah dibungkus sejumlah saat, dan didiamkan dalam masa-masa 3 hari hingga seminggu, tapai ketan tersebut telah siap guna dihidangkan.

Dengan proses tersebut, diandalkan  bahwa tapai ini dapat menambah kandungan vitamin B1 yang paling baik guna sistem pencernaan dan obat diabetes. Bagi mendapatkannya pun dapat dengan mudah didapat di lokasi sekitar Kuningan, dan sudah dibalut dengan kemasan modern.